perut kembung pada anak

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anakdan Bayi

Tak ada hal yang lebih menyedihkan bagi seorang ibu selain melihat buah hatinya sakit, terlebih ketika sang anak masih bayi. Ketidakmampuan bayi untuk memberi tahu apa yang salah pada tubuhnya membuat sang ibu hanya bisa menebak nebak dengan kalut. Ketika ada bagian tubuhnya yang sakit atau terasa kurang nyaman biasanya bayi tersebut akan jadi lebih rewel.

Mengetahui Perut Kembung Pada Anak

Dari sekian banyak masalah yang bisa ditemukan pada bayi, perut kembung adalah salah satu yang paling sering ditemukan. perut kembung pada anak, khususnya bayi bisa disebabkan banyak hal. Satu hal yang jelas adalah kondisi ini akan membuat bayi menjadi rewel dan kehilanga nafsunya untuk menyusu atau makan.

Beberapa penyebab perut kembung pada anak antara lain ialah:

  1. Makanan yang Dikonsumsi Ibu

Jika bayi masih mengkonsumsi ASI maka apa yang dikonsumsi sang ibu tentunya akan sangat berpengaruh pada sang bayi. Perut kembung pada bayi bisa disebabkan karena ibunya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak menghasilkan gas. Makanan yang banyak menghasilkan gas antara lain adalah kol, brokoli dan beberapa jenis kacang kacangan.

  • Makanan yang Dikonsumsi sang Bayi

Jika bayi sudah mulai dikenalkan pada MPASI maka makanan yang diberikan juga harus sangat diperhatikan. Sebagaimana pada ASI, kol, brokoli, dan beberapa jenis kacang kacangan yang dikonsumsi langsung oleh bayi juga bisa menyebabkan perut bayi menjadi kembung. Sebaiknya Anda mengurangi asupan bahan bahan makanan tersebut.

  • Posisi Menyusu yang Kurang Tepat

Posisi menyusu yang kurang tepat menimbulkan bayi terlalu banyak menelan udara yang berujung pada perut kembung. Hal ini berlaku untuk menyusu langsung melalui payudara maupun menggunakan botol.

  • Terlalu Lama Menangis
Baca Juga :  Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

Perut kembung yang dialami bayi Anda bisa juga disebabkan karena ia terlalu lama atau sering menangis. Ketika menangis mulut bayi akan terbuka dan membuat udara mengalir masuk ke dalam tubuhnya. Menenangkan bayi secepat mungkin ketika mulai menangis akan meminimalisir kemungkinan ini.

Cara Meringankan Perut Kembung pada Bayi

Setelah mengetahui penyebabnya, kiniwaktunya Anda mengetahui caramengatasi perut kembung pada bayi. Beberapa cara yang bisa Andalakukan untuk meringankan gejala perut kembung adalah:

  • Buat Bayi Bersendawa

Sendawa akan membantu mengeluarkan kelebihan udara dari dalam perutnya. Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi bersendawa adalah dengan menggendong bayi dalam posisi tegak kemudian menggoyang goyangkannya. Jika bayi Anda masih terlalu kecil posisi tegak bisa juga diganti dengan cara menelungkupkannya di pundak Anda.

  • Memberi Pijatan Lembut

Sebagaimana pada orang dewasa, pijatan yang tepat juga bisa membantu bayi mengatasi masalah perut kembung. Gerakan memijat yang tepat pada bayi ialah dengan memijat lembut searah jarum jam pada bagian perut atau punggung. Selain memijat Anda juga bisa menggerakkan kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda.

  • Perbaiki Posisi Menyusui

Agar perut kembung tak terulang lagi maka posisi menyusui perlu diperbaiki. Posisi menyusui yang tepat ialah dengan membuat kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Kepala juga dibuat agak tegak layaknya posisi orang duduk. Posisi seperti ini akan memastikan susu masuk mengisi rongga perut tanpa ada banyak udara yang ikut masuk.

Kunci utama untuk bisa membantu bayi Anda untuk mengatasi masalah perut kembungnyaadalah tetap tenang dan tidak panik.