makanan penambah berat badan janin 8 bulan

Memasuki Usia 8 Bulan, Konsumsi Makanan Ini agar Janin Tumbuh Sehat

Berapa, sih, berat badan ideal janin usia 8 bulan? Mungkin Moms bertanya-tanya dan ingin tahujawabannya. Memang tak ada penelitian khusus yang membahas mengenai hal ini.Namun, idealnya berat janin mulai terilhat perkembangannya pada usia 21 mingguatau menginjak usia 3 bulan, bisa mencapai 360 gram. Dari situ, sampai 6 bulanselanjutnya, berat janin ideal bisa mencapai 3 kg. Namun, kalau berat janinhanya mencapai 2,8 kg pada usia 9 bulan pun sebenarnya bukan berarti janinkurang nutrisi karena rentang beratnya bisa mulai dari 2,8 kg—3,6 kg,tergantung nutrisi yang diserap janin.

Idealnya, pada usia janin 8 bulan, berat janin bisa mencapai sekitar 1,7 kg—1,9 kg. Nah, kalau pada usia 8 bulan berat janin masih kurang dari berat idealnya itu, berarti Moms harus waspada, nih, dan mulai mencari makanan penambah berat badan janin 8 bulan. Makanannya tentu harus yang kayak nutrisi, ya, supaya cepat diserap janin dan membuat janin tumbuh cepat hanya dalam beberapa minggu menjelang kelahiran.

Nah, apa saja makanan penambah berat badan janin 8 bulan yang aman untuk Moms konsumsi? Simak rekomendasinya di sini.

  • Kentang rebus, tinggi karbohidrat

Saat hamil, Moms membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi karena, biar bagaimana pun, Moms makan ke mana-mana membawa berat dua orang, ya. Tapi, tak jarang saat hamil ada yang justru malah mengalami komplikasi, seperti mengalami diabetes gestasional yang menyebabkan glukosa dalam darah ibu meningkat sehingga perkembangan janin justru meningkat tak wajar karena terlalu banyak menyerap insulin. Karbohidrat dalam nasi putih dikhawatirkan bisa memicu hal ini karena saat dicerna menjadi tinggi kadar gula.

Makanya, Moms bisa menggantikannya dengan kentang rebus yang juga tinggi karbohidrat, namun tak akan berubah menjadi gula yang berlebihan jika dikonsumsi dengan porsi yang aman. Selain itu, kentang juga tinggi asam folat yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan saraf janin. Kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium, zat besi, kalsium, serta potasium di dalamnya juga sangat penting untuk menambah berat badan janin sehingga janin bisa tumbuh cepat.

  • Buah-buahan kaya vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh

Buah-buahan memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, termasuk untuk perkembangan janin agar tumbuh sehat. Moms bisa mengonsumsi pisang, apel, dan alpukat yang kayak akan vitamin, mineral asam amino, dan lemak tak jenuh yang dapat memastikan pertumbuhan berat badan janin. Dengan cukup vitamin dan mineral, nutrisi dari makanan lain yang dibutuhkan tubuh pun akan mudah diserap janin sehingga janin akan tumbuh dengan cepat dan tentunya sehat. Namun, pastikan juga buah-buahan yang Moms konsumsi bebas dari pestisida, ya. Jadi, pilihlah buah-buahan organik agar tetap menyehatkan janin.

  • Ikan untuk tingkatkan perkembangan otak janin

Moms mungkin sudah tahu bahwa ikan salmon kaya akan protein yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Selain itu, protein yang cukup juga mampu menambah berat janin sampai mencapai berat idealnya. Ikan salmon juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengoptimalkan penglihatan bayi nantinya.

Selain ikan salmon, ikan kembung juga ternyata mampu memenuhi kebutuhan protein janin per harinya, loh. Dalam sehari, Moms memang disarankan untuk mengonsumsi 90—100 gram protein yang bisa didapat dari ikan salmon dan ikan kembung. Namun, pastikan juga Moms mengonsumsi ikan yang dimasak sampai matang, ya. Ikan yang mentah seperti dalam sushi memiliki bakteri yang justru malah memicu timbulnya risiko bayi lahir cacat.