cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur

USG Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Haid Tidak Teratur

Kebanyakan ibu-ibu hamil tiadak sabar dengan kehadiran calon buah hatinya. Sampai-sampai melakukan pengecekkan berkali-kali demi memastikan keadaan buah hatinya yang baik-baik saja sampai sampai prosesi persalinan berlangsung.

Rasa penasaran mengenai usia kandungan juga membayangi sang ibu. Mulai dari usia dalam minggu maupun bualan.

Beberapa calon ibu melakukan perhitungan dengan berdasarkan HPHT atau hari pertama haid terakhir. Yang dapat dipahami dengan kalimat hari pertama menstruasi terakhir sebelum selanjutnya mengalami keterlambatan atau dideteksi sedang hamil. Dan HPHT hanya dapat dilakukan untuk menghitung usia kehamilan pada seseorang yang memiliki siklus haid teratur. Lantas, bagaimana cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur? Hal tersebut tidak menjadi masalah dikarenakan terdapat cara lain selain HPHT dalam memperhitungkan usia kehamilan si calon bayi.

Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur dapat dilakukan dengan pemeriksaan ultrasonografi atau yang lebih familiar dengan kata USG. Cara yang satu ini merupakan cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur dan dipercaya sebagai cara yang aman serta akurat. Karena kecanggihannya dapat pula mendeteksi pertumbuhan serta pergerakan si bayi dalam kandungan. Sehingga banyak pula yang mempergunakan metode ini untuk mengetahui perkembangan bayi dari masing-masing orang tua. Bahkan, USG ini dapat mendeteksi usia kehamilan yang masih muda. Misalnya usia kehamilan yang baru 4 minggu juga dapat dideteksi dengan USG.

meraihimpianku.com

Sebenarnya apa USG itu?

Seperti yang kita ketahui bahwa USG ada jenis medis dan obsetrik.

Menurut wikipedia, ultrasonografi atau USG medis adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ.

Baca Juga :  Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

Sedangakan jenis obsetrik inilah yang biasa digunakan ketika masa kehamilan. Dengan tujuan mengetahui perkembangan si bayi dalam kandungan yang tidak dapat dilihat dengan mata terbuka.

Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur menggunakan USG ketika janin berusia 4-5 minggu terlihat berdasarkan adanya atau munculnya kantong kehamilan. Namun, pada masa ini janin belum terlihat jelas. Janin akan terlihat lebih jelas pada usia 6-8 minggu di dalam kantong kehamilan. Selain itu, detak jantung juga sudah mulai dirasakan ketika janin menginjak usia ini.

Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur menggunakan USG berikutnya sampai janin berusia 12 minggu ditandai dengan panjang janin dari ujung kepala sampai bokong mengalami pertambahan.

parenting.dream.co.id

Cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur mengalami akurasi lebih besar ketika menggunakan USG pada usia kandungan kurang dari 3 bulan. Kenapa demikian? Karena cara menghitung usia kehamilan jika siklus haid tidak teratur pada usia ini akan meminimalisir kesalahan yang hanya beberapa hari saja. Jika lebih dari 3 bulan bahkan sampai 6 bulan, kesalahan dapat mencapai 1 minggu lebih. Dan jika cara menghitung usia kehamilan untuk haid tidak teratur menggunakan USG diatas 6 bulan atau yang sering dikenal dengan trimester 3 pada pelajaran biologi maupun di dunia kesehatan, kesalahan yang ditimbulkan dapat mencapai 2 minggu.

duniabidan.com

Bahkan, ada juga yang sampai mengalami kesalahan sampai 3 minggu lamanya. Jadi, perlunya perhatian lebih terhadap perkembangan bayi harus dilakukan mulai dari usia kandungan kurang dari 3 bulan.