cara menghitung usia kehamilan dalam bulan

Tips Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

Kehamilan merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan hampir oleh semua pasangan setelah mereka menikah. Sesuatu yang dianggap anugrah, titipan, dan puncak dari seseorang dalam menjalin hubungan dalam membangun keluarga yang sempurna. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang menanti bahkan melakukan banyak upaya demi mendapatkan si buah hati yang ditunggu-tunggu oleh pasangan tersebut.

Keinginan yang tinggi untuk mendapatkan seorang anak juga hampir dirasakan oleh seluruh calon ibu di dunia ini. Baik calon ibu yang sudah jelas akan memiliki seorang anak, maupun calon ibu yang masih berencana memiliki seorang anak.

Memiliki buah hati menjadi harapan besar. Karena, tidak semua pasangan dapat memenuhi keinginan mulia itu. Bahkan, banyak upaya yang dilakukan oleh pasangan-pasangan yang mengalami kesulitan menjadikan impian mempunyai anak menjadi kenyataan.

Namun, bersyukurlah para pasangan yang dikaruniai anak sesuai dengan harapan mereka. Kebahagiaan tidak terbendung juga terlihat dari keseriusan mereka dalam menjaga merawat dari sebelum lahir sampai terlahir di dunia.

Kebahagiaan juga terkadang tertuang dengan upaya para calon ibu yang selalu penasaran dengan usia kehamilannya. Sebenarnya, banyak cara yang dilakukan untuk dapat mengetahui usia kehamilan seorang calon ibu. Termasuk terdapat beberapa cara menghitung usia kehamilan dalam bulan.

Wajibbaca.com

Pada setiap fase maupun usia kehamilan memang perlu perlakuan yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk selalu menjaga kesehatan janin yang berada di kandungan si calon ibu. Jadi, perlunya pengetahuan bagaiamana cara menghitung usia kehamilan dalam bulan juga perlu diperhatikan dengan perhatian yang khusus.

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan dapat diketahui melalui gerakan si calon bayi tersebut atau yang sering disebut dengan panggilan janin. Cara ini dapat dilakukan oleh ibu yang mengandung janin tersebut. Karena gerakan-gerakan si janin tentu dirasakan oleh sang ibu yang mengandungnya.

Baca Juga :  Cara Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual

bali.tribunnews.com

Usia bayi menginjak 4 bulan

Usia kandungan menginjak 4-6 bulan sudah terasa aktifitasnya. Biasanya ditandai dengan rasa geli yang menggelitik pada perut sang ibu yang menunjukkan bahwa calon bayi menginjak usia 4-6 bulan.

Usia bayi menginjak 5-6 bulan

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan ke 5-6 dapat dideteksi dengan adanya hentakan bayi pada bagian perut tengah. Selain janin tumbuh besar dan dapat dilihat dengan ukuran perut yang lebih besar pula dari sebelumya, hentakan ini juga menjadi pertanda bahwa keadaan janin mengalami perkembangan dari gerakan ringan sebelumnya.

Usia bayi menginjak 7-8 bulan

Gerakan bayi yang menginjak usia 7 bulan semakin kuat dan terus bertambah sampai bulan ke 8/9. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya rasa lelah bagi si ibu yang merasakan reaksi kuat dari janin yang dikandungnya. Selain itu rasa nyeri yang kuat juga menandai bahwa usia kehamilan menginjak usia tua. Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan ini sangat terasa dari kuatnya reaksi janin.

Usia bayi menginjak 9 bulan

Cara menghitung usia kehamilan dalam bulan yang berada di puncak kali ini sudah mengalami reaksi yang lebih kuat dari sebelumnya dan juga nyeri yang cukup kuat. Apalagi rasa nyeri yang terasa akibat tulang iga yang dihentak bayi.

Selain adanya cara menghitung usia kehamilan dalam hitungan bulan, terdapat pula cara menghitung usia kehamilan dalam minggu.

Saratkabar.com

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dan bulan di zaman sekarang juga sudah lebih praktis dengan hadirnya dokter spesialis kandungan serta terciptanya teknologi-teknologi yang lebih canggih sebagai alat bantunya.